Instal ulang macOS

Pelajari cara menginstal sistem operasi Mac di Mac atau drive eksternal Anda.

Instal dari Mac App Store

Cara termudah untuk menginstal macOS adalah dari aplikasi App Store. Jika Anda menginstal ulang karena mempersiapkan Mac Anda untuk dijual atau dihadiahkan, pertama kali Anda harus menonaktifkan fitur dan layanan tertentu, kemudian ikuti langkah-langkah selanjutnya di artikel ini.


Instal ulang dari macOS Recovery Mode (Pemulihan macOS)

Jika Anda tidak memiliki atau tidak dapat mengakses App Store, atau Anda sedang mempersiapkan Mac Anda untuk dijual atau dihadiahkan, ikuti langkah-langkah ini.

Memulai Recovery Mode

macOS recovery mode menginstal beberapa versi berbeda dari macOS tergantung pada kombinasi tombol yang Anda tekan saat memulai. Langsung tekan dan tahan salah satu kombinasi tombol berikut ini setelah menekan tombol daya untuk menyalakan Mac. Lepas setelah Anda melihat logo Apple atau globe berputar.

Command (⌘)-R : Instal macOS terbaru yang terinstal pada Mac Anda, tanpa meningkatkan ke versi yang lebih baru. (1)

Option-Command-R : Tingkatkan ke macOS terbaru yang kompatibel dengan Mac Anda. (2)

Shift-Option-Command-R (Shift-Option-Command-R) : Instal macOS yang disertakan bersama Mac Anda, atau versi terdekat yang masih tersedia. Kombinasi ini memerlukan macOS Sierra 10.12.4 atau versi lebih baru.

(1) Jika Anda menjual atau menghadiahkan Mac yang menggunakan OS X El Capitan atau versi lebih lama, gunakan Command-R untuk memastikan bahwa instalasinya tidak dikaitkan dengan ID Apple Anda.

(2) Jika Anda belum memperbarui macOS Sierra 10.12.4 atau versi lebih baru, Option-Command-R akan menginstal macOS yang disertakan bersama Mac Anda, atau versi terdekat yang masih tersedia.

Bila Anda melihat jendela Utilitas macOS, lanjutkan ke bagian berikutnya untuk menentukan apakah akan menghapus disk pengaktifan atau mulai menginstal macOS.

 

Cara instal ulang Mac OS

 

Hapus startup disk Anda, bila perlu

Tentukan apakah akan menghapus (memformat) disk pengaktifan Anda sebelum menginstal macOS. Anda harus menghapus disk pengaktifan bila.Kondisi di atas tidak ada yang berlaku untuk Anda, lanjutkan ke bagian berikutnya untuk memulai menginstal macOS.

  • Anda akan menjual atau menghadiahkan Mac Anda, jadi Anda harus membersihkan Mac dari segala hal yang berkaitan dengan Anda, data Anda, atau ID Apple Anda.
  • Anda mencoba menyelesaikan masalah yang tidak dapat diperbaiki oleh Utilitas Disk.
  • Penginstal macOS mengatakan bahwa penginstal tidak dapat menginstal di komputer atau volume Anda. Misalnya, bisa dikatakan bahwa disk pengaktifan Anda tidak diformat dengan benar, tidak menggunakan skema partisi GUID, sudah berisi versi sistem operasi yang lebih baru, atau tidak dapat digunakan untuk memulai komputer Anda.

Menghapus startup disk Anda secara permanen akan menghapus semua data yang tersimpan di dalamnya.

Jika Anda harus menghapus startup disk, ikuti langkah-langkah berikut.

  1. Pilih Disk Utility dari jendela utilitas pada Pemulihan macOS, lalu klik Lanjutkan.
  2. Pilih perangkat atau volume di sidebar Disk Utility.
  3. Klik tombol atau tab Hapus / Erase.
  4. Lengkapi bidang ini:
    • Nama: Masukkan nama disk Anda, seperti “Macintosh HD”.
    • Format: Pilih Mac OS Extended (Journaled) atau APFS.
    • Skema (jika tersedia): Pilih GUID Partition Map.
  5. Klik Hapus / Erase untuk mulai menghapus disk Anda.
  6. Setelah selesai, tutup Utilitas Disk untuk kembali ke jendela utilitas. Sekarang Anda siap untuk install macOS.

 

Cara menghapus hard disk di Mac Disk Utility

 

Instal macOS

Ikuti langkah-langkah ini setelah memulai dari Pemulihan macOS:

  1. Pilih Instal Ulang macOS (atau Instal Ulang OS X) dari jendela utilitas.
  2. Klik Lanjutkan, lalu ikuti petunjuk pada layar. Anda akan diminta untuk memilih disk Anda. Jika Anda tidak melihatnya, klik Tampilkan Semua Disk.
    Guna memverifikasi kelayakan untuk menginstal macOS, nomor seri Mac akan dikirimkan ke Apple, dan Anda mungkin dimintai ID Apple.
  3. Klik Install. Mac Anda akan dimulai ulang setelah instalasi selesai.

Jika menghapus disk Anda sebelum menginstal, atau menginstalnya ke drive eksternal atau disk baru lainnya, Mac akan mulai ulang ke asisten pengaturan.

  • Jika Anda tetap menggunakan Mac, selesaikan asisten pengaturan dengan informasi Anda sendiri.
  • Jika Anda menjual atau menghadiahkan Mac Anda, tekan Command-Q untuk menutup asisten pengaturan tanpa menyelesaikan langkah-langkah pengaturan Lalu klik Matikan. Ketika pemilik baru memulai Mac, mereka dapat menggunakan informasi mereka sendiri untuk menyelesaikan pengaturan.

Pilih disk pengaktifan baru, jika perlu

Jika Anda memiliki lebih dari satu disk yang mengandung instalasi macOS yang kompatibel, Anda dapat menggunakan preferensi Disk Pengaktifan atau Manager Pengaktifan untuk memilih disk mana yang digunakan untuk mengaktifkan.